The Development Media for Interactive Learning using Bots Api of Telegram Social Media on Harmonic Motion Materials for Class X of Senior High School
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran (A. Rahman (ed.); Revisi). Rajawali Pers.
Aspar, M., Mujtaba, I., Mutiarani, M., & Putri, S. A. D. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Ular Tangga dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1), 248.
Cokrojoyo, A., Andjarwirawan, J., & Noertjahyana, A. (2013). Pembuatan Bot Telegram untuk Mengambil Informasi dan Jadwal Film Menggunakan PHP. Jurnal Infra, 3–6.
Efendi, M. Y., & Chandra, J. E. (2019). Implementasi Internet of Things pada Sistem Kendali Lampu Rumah Menggunakan Telegram Messenger Bot dan Nodemcu Esp 8266. Global Journal of Computer Science and Technology: A Hardware & Computation, 19(1), 14–25.
Harahap, D. R., & Utami, T. N. (2021). Persepsi Masyarakat terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan pada Masa Pandemi COVID-19 di Kota Binjai. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 12(April), 162–165.
Kahar, M. S., Ruslan, M., & Mandasari, I. (2018). Interactive Conceptual Interaction (ICI) Dalam Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. Jurnal Noken, 3(2), 56–62.
KBBI. (2018). Arti kata didik - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. In Kamus Besar Bahasa Indonesia versi Online.
Khotimah, S. K. S. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran , Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149–2158.
Kurniawan, M. I., Sunarya, U., & Tulloh, R. (2018). Internet of Things : Sistem Keamanan Rumah berbasis Raspberry Pi dan Telegram Messenger. ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, & Teknik Elektronika, 6(1), 1–15.
Mariati, P., Asmarani, R., & Hardiningrum, A. (2021). Inovasi Pembelajaran Seni Berbasis Mobile Learning bagi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5783–5792.
Purnamasari, A. (2023). Pemanfaatan Telegram Bot Sebagai Media Pembelajaran di SMAN 1 Nunukan. Akselerasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–14.
Ramadhan, F., & Wibawa, S. C. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika dengan Bot Api Media Sosial Telegram di Akademi Farmasi Surabaya. IT -EDU, 2, 145–152.
Rezeki, S., & Ishafit, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 29.
Saribekyan, H., & Margvelashvili, A. (2017). Security Analysis of Telegram. In courses.csail.mit.edu (pp. 1–12).
Siahaan, A. D., Medriati, R., & Risdianto, E. (2019). Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar II Menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Materi Rangkaian Listrik dan Optik Geometris. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 91–98.
Subiyantoro, A., & Listyaningsih. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning dengan Bot Api Aplikasi Telegram pada Mata Pelajaran PPKn di SMAN 12 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 08, 856–870.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suparmita, I. M., Setuti, N. M., & Suarjana, I. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas V. Ejournal Undiksha, 1(1), 1–10.
Winarni, Suparmi, & Sarwanto. (2014). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Kalor untuk SMA/MA Kelas X. Inkuiri, 3(01), 1–10.
Winarno, Sunarno, W., & Sarwanto. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) pada Tema Energi. Jurnal Inkuiri, 4(I), 82–91.
DOI: https://doi.org/10.37891/kpej.v7i1.407
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Universitas Papua
Indexed by:
Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ)
Universitas Papua
Jalan Gunung Salju, Amban, Manokwari, Papua Barat - 98314
Email: kasuari.kpej@gmail.com / kasuari.kpej@unipa.ac.id
e-ISSN: 2615-2673 | p-ISSN: 2615-2681
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License