The Development of Web-Based Interactive Learning Media on Static Electricity Materials With Tutorial Model
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5(1), 1-13.
BNSP. (2021, Maret 8). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. Retrieved from BNSP: https://bsnp-indonesia.org/2014/05/instrumen-penilaian-buku-teks-pelajaran-tahun-2014/
Chabib, M., Djatmika, E. T., & Kuswandi, D. (2017). Efektivitas Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Sebagai Sarana Belajar Tematik SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7), 910-918.
Damayanti, M. A., Krisdiana, I., & Setyansah, R. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tutorial pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTS Negeri Kota Madiun. Prosiding Silogisme Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas, 1(1), 231-240.
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development): Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil. Malang: Literasi Nusantara.
Husein, I. M., M. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Pengembangan Trainer Smart Traffic Light Berbasis Mikrokontroller Arduino pada Mata Pelajaran Sistem Kontrol Terprogram Di SMK Negeri 1 Cerme. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(1), 105-111.
Indrastyawati, C., Paidi, & Ciptono. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Indera Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(7), 50-56.
Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166-182.
Solihudin, T. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Web untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika pada Materi Listrik Statis dan Dinamis SMA. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(2), 51-61.
Karimah, A. A., Rusdi, & Fachruddin, M. (2017). Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Animasi Berbasis Multimedia Interaktif Model Tutorial pada Materi Garis dan Sudut Untuk Siswa SMP/MTS Kelas Vll. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 9-13.
Lestari, A., Suryadi, A., & Ismail, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer dengan Model Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal PETIK, 6(1), 18-26.
Mahardika, K. M., Suwatra, I. W., & Suartama, I. K. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Model Tutorial Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII Semester Genap. Jurusan Teknologi Pendidikan, 5(2).
Nesbit, J., Belfer, K., & Leacock, T. (2009). Learning Object Review Instrumen (LORI) version 2.0.
Nuryadi & Khuzaini, N. (2017). Keefektifan Media Matematika Virtual Berbasis Teams Game Tournament Ditinjau dari Cognitive Load Theory. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 57-58.
Prabowo, C. A., Ibrohim, & Saptasari, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Inkuiri Berbasis Laboratorium Virtual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1090-1097.
Riva’i, Z., Ayuningtyas, N., & Dhany, A. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android pada Materi Himpunan Kelas VII. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 106-119.
Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sadiman, A. S., Haryono, A., & Rahardjito. (2003). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiarti, I. S., Setiyani, & Putri, D. P. (2020). Pengembangan Media Puzzle pada Materi Suhu dan Kalor IPA SD. JURNAL PESONA DASAR, 8(2), 73-81.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmawati, R. A., Sutawidjaja, A., & Siswono, T. (2018). Profil Berpikir AIjabar Siswa Sekolah Dasar di Banjarmasin dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif dan Perbedaan Jenis Kelamin. Disertasi. Universitas Negeri Surabaya.
Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Sutarman, A. (2016). Pemanfaatan Pembelajaran Berbasis Komputer Model CD Interaktif Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 81-98.
Sutasdik. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA Terpadu Pokok Bahasan Konsep Listrik Statis. Baturaja Journal of Educational Technology, 4(2), 245-249.
Syam, N. (2017). Pengembangan Media Tutorial Pembelajaran IPA Berbasis Web untuk Peserta Didik Kelas VIII SMPN 5 Pallangga. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2).
Thorn, W. J. (1995). Points to Consider when Evaluating Interactive Multimedia. The Internet TESL Journal. Retrieved from http://iteslj.org/
Yanto, D. T. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 75-82.
Yuliana, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan PMRI pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk SMP Kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 60-67.
Zamani, A. Z., & Nurcahyo, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), 89-100.
DOI: https://doi.org/10.37891/kpej.v5i1.220
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Universitas Papua
Indexed by:
Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ)
Universitas Papua
Jalan Gunung Salju, Amban, Manokwari, Papua Barat - 98314
Email: kasuari.kpej@gmail.com / kasuari.kpej@unipa.ac.id
e-ISSN: 2615-2673 | p-ISSN: 2615-2681
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License