PENERAPAN MODEL NUMBEREAD HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI KELAS XI IPA 1 SMA YPK OIKOUMENE MANOKWARI

Ria Budiarti, Apriani Sulu Parubak, Christiana Niken Larasati

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA YPK Oikoumene Manokwari pada materi lautan penyangga melalui model pembelajaran Numberead Heads Together (NHT). Model pembelajaran Numberead Heads Together digunakan sebagai alternatif untuk memecahkan masalah. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus meliputi 4 tahap: (1). Perencanaan, (2) pelaksanaan, (4) obervasi, Refleksi, dengan subjek penelitian yaitu kelas XI IPA 1 dengan jumlah peserta didik 18 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Observasi dan Tes. Sedangkan validitas data yang digunakan yaitu validitas instrument. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numberead Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 1 SMA YPK Oikoumene Manokwari. Untuk Hasil Belajar diperoleh Rata-rata 67.09 dengan ketuntasan 56% pada Siklus I kemudian meningkat nilai rata-rata sebesar 82,05 dengan ketuntasan 83% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 27%.


Keywords


model pembelajaran numberead heads together (nht), hasil belajar, larutan penyangga, penelitian tindakan kelas, sma ypk oikoumene manokwari.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi . Jakarta: Bumi Aksara. 2007

Mulyasa, E. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2007

Nursiyem. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Melalui Penerapan Metode Kerja Kelompok pada Siswa kelas IV SD Inpres Tandaigi. Palu: Untad. 2012

Nur, M. Strategi-strategi Belajar. Edisi 1. Surabaya: Pusat Studi Matematika dan IPA Unesa. University Pres. 2000

Purba, M & Sunaardi. kimia untuk SMA/MA kelas X.jakarta: Erlangga. 2006.

Purba, M & Sunardi. kimia untuk SMA/MA kelas XI. Jakarta: Erlangga. 2006.

Suparman, A.R. Penggunaan Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Struktur dan Sifat-sifat Atom. “Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 9(1).2018: 17-22.




DOI: https://doi.org/10.30862/accej.v1i2.48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Editorial Address:

Department of Chemistry Education, Universitas Papua
Gunung Salju Amban Street, Manokwari, Papua Barat 98314.
email: journal.accej@unipa.ac.id
pISSN: 2615-627X eISSN: 2615-6288


Lisensi Creative Commons
Arfak Chem: Chemistry Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


 

Visitors